Back

Dosen FTIK USM Adakan Pelatihan Aplikasi Billing Internet untuk BUMDes Desa Truko Kendal

KENDAL – Dosen Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi – Universitas Semarang (FTIK USM) yang tergabung dalam Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dengan Nurtriana Hidayati, M.Kom. selaku Ketua Tim dan Nurwakhidah, S.Kom., M.Cs. serta Atmoko Nugroho, S.T., M.Eng. selaku anggota tim, mengadakan edukasi tentang pengelolaan transaksi pembayaran penggunaan internet desa berikut aplikasi My Internet untuk pengelolaan internet Desa Truko. Acara ini berlangsung pada Selasa, 11 Juli 2023, di Balai Desa Truko, Kecamatan Kangkung Kendal.

Hadir dalam acara tersebut, Dekan FTIK USM Prind Tri Ajeng Pungkasanti, M.Kom., Kepala Desa Truko Ary Kusumayanto, serta pengurus BUMDes “Berkah Amanah” Desa Truko Kecamatan Kangkung Kendal.

Dalam sambutannya Dekan FTIK USM menyampaikan bahwa kegiatan pengabdian ini merupakan wujud kerjasama dengan Desa Truko, yang diharapkan terus berkelanjutan di kemudian hari. Hal senada juga disampaikan oleh Ary Kusumayanto selaku Kepala Desa Truko, yang mengharapkan dengan adanya kerjasama ini, dapat meningkatkan kehidupan dari masyarakat Desa Truko.

Pada kegiatan pengabdian ini juga disampaikan oleh Ketua Tim PkM FTIK USM, dimana salah satu permasalahan yang terjadi pada mitra BUMDes. Mitra dan Program Kemitraan Masyarakat ini adalah BUMDes “Berkah Amanah” Desa Truko Kecamatan Kangkung Kendal. Salah satu usaha dari BUMDes “Berkah Amanah” adalah menyediakan internet yang bisa di nikmati oleh warga dengan hanya membayar yang di hitung per jamnya sebesar seribu rupiah. Awal dari adanya internet desa ini adalah untuk memfasilitasi warga di masa pandemi, yang mana semua anak – anak harus sekolah dengan cara online. Sedangkan untuk membeli kuota yang ada warga mengalami kesusahan. Untuk mengelola tersebut BUMDes telah menyiapkan metode pembayaran yang masih terekap pada aplikasi Excel, sehingga masih banyak muncul adanya kekurangan sehingga pihak desa berharap akan adanya aplikasi yang mampu menghitung atau memonitoring besarnya penggunaan kuota internet tiap orangnya. Untuk mengatasinya dalam kegiatan pengabdian ini juga diserahkan Aplikasi My Internet dan pelatihan penggunaannya, sehingga diharapkan BUMDes dapat lebih optimal dalam usahanya.

Acara pengabdian ini diawali dengan adanya pre test dan diakhiri dengan post test untuk melihat efektivitas kegiatan pengabdian yang telah dilaksanakan di Desa Truko Kendal.