Back

Dosen TI USM Latih IoT Guru SMK Walisongo Semarang

Perkembangan jaman menuntut banyak hal maupun berbagai macam sektor. Dari sektor perkebunan, perekonomian hingga sektor pendidikan juga terimbas oleh perkembangan teknologi ini. Untuk mengejar perkembangan yang makin melesat ini, para dosen dari Universitas Semarang melakukan pelatihan ke para guru SMK di SMK Walisongo Semarang di tanggal 28 September 2022. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman para guru dalam memprogram perangkat-perangkat IoT dengan menggunakan bahasa MicroPython

Pelatihan ini dilaksanakan di Laboratorium Komputer Universitas Semarang sebanyak 3 tim dosen dan 7 guru TKJ dari SMK Walisongo. Para guru diajarkan bagaimana melakukan konfigurasi awal perangkat agar mendukung bahasa pemrograman MicroPython, dan juga bagaimana melakukan akses sensor dan aktuator dengan menggunakan MicroPython.

Salah satu guru dengan nama Agus Munif mengatakan bahwa, “Perkembangan IoT sangatlah pesat, sehingga perlu sekali diajarkan untuk para siswa di tingkat Kejuruan. Dengan adanya pelatihan ini, para guru dapat meneruskan ilmu-ilmu yang diberikan oleh para dosen ke para siswa sehingga dapat menghasilkan siswa yang siap bersaing di era modern.