NEWS

PELATIHAN VIDEO TESTIMONI DARI TIM PENGABDIAN FTIK USM DORONG PELAKU UMKM SIAP BANGKIT KEMBALI

Tak dapat dipungkiri pandemi Covid-19 melumpuhkan sektor ekonomi, apalagi di kalangan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Pilihan untuk bangkit kembali dan menjaga keberlangsungan bisnis ada di tangan pengusaha yakni dengan menggenjot pemasaran digital, mengingat kini memasuki era new normal.
Sebagai bagian dari masyarakat, Tim Pengabdian kepada Masyarakat dari Ilmu Komunikasi  FTIK Universitas Semarang mencoba membantu untuk terlibat dan menjadi bagian dari solusi untuk mendukung kelangsungan UMKM selama masa pandemi Covid-19 dengan mengadakan pelatihan pembuatan video iklan bagi pelaku UMKM se Kecamatan Tembalang, Semarang. Pelatihan diadakan di Laboratorium TV FTIK USM dan memberi kesempatan para peserta untuk praktik langsung. Peserta pelatihan dibimbing untuk membuat video testimoni produk dengan cara sederhana namun tepat sasaran.
“Kami berharap, pelatihan ini dapat mendorong  para pelaku usaha tetap semangat memasarkan produknya seiring dengan perkembangan teknologi sehingga tetap terjaga keberlangsungan usahanya,”  tutur  Edi Nurwahyu Julianto, M.I.Kom.
Samiran, salah seorang pelaku usaha jasa pijat tradisional mengaku selama ini ia belum mengenal pemasaran digital karena tidak cukup percaya diri dengan produk jasanya.
“Sekarang saya sudah yakin dan mantap akan segera membuat video promosi singkat seperti yang diajarkan oleh Bapak Ibu dosen FTIK USM.”


Rudin Ndeso | 09 August 2020