NEWS

Dosen Fakultas TI USM Berbagi Ilmu di SMK Walisongo Semarang

Jaringan komputer merupakan kebutuhan yang tidak dapat dipisahkan lagi dari kehidupan sehari-hari kita. Untuk membuat sebuah jaringan dibutuhkan pengetahuan khusus mengenai jaringan yang didapatkan salah satunya melalui pendidikan formal paling tidak setara Sekolah Mengah Kejuruan SMK bidang Komputer. Pendidikan kejuruan memiliki kurikulum ekstra yang dapat mempersiapkan para peserta didiknya untuk siap menjadi kontributor utama dalam dunia jaringan komputer.

Dengan melihat pentingnya hal diatas, membuat tiga dosen TI USM yaitu Whisnumurti Adhiwibowo, Susanto, dan Alauddin Maulana Hirzan bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Semarang (LPPM USM) berbagi ilmu mengenai jaringan komputer khususnya jaringan Cisco kepada para guru SMK Walisongo Semarang yang dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 29 Mei 2020 di Laboratorium Komputer SMK Walisongo Semarang.

Whisnumurti Adhiwibowo mengatakan bahwa, “Kegiatan ini bertujuan untuk dapat membantu memperluas pengetahuan para guru SMK Walisongo dalam hal jaringan komputer sehingga para siswa dapat mengimplementasikannya di sekolah maupun dunia kerja.”

Proses pelatihan yang disampaikan para dosen TI ini menggunakan pendekatan praktik sehingga para guru dapat menerima ilmu dengan lebih mudah. Para guru juga dapat merasakan sendiri praktik jaringan komputer dengan asistensi secara langsung dari para dosen. Sehingga apabila terjadi ketidakpahaman dari para peserta dapat diluruskan kembali. Metode praktik dengan asistensi ini membantu para guru untuk belajar tanpa ada yang tertinggal dalam menerima pembelajarannya.


Rudin Ndeso | 30 June 2020