Pengelola

Profil Lulusan

  • Jurnalis

    Memproduksi karya jurnalistik baik cetak, penyiaran, maupun online

  • Komunikasi Strategis

    Merancang kampanye komunikasi pemasaran dan public relation

  • Indusri Kreatif

    Merancang desain periklanan dan program penyiaran

Visi, Misi, dan Tujuan

Visi

Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Semarang pada tahun 2023 mampu menghasilkan lulusan yang bermoral, berkualitas, berkarakter, kompetitif, dan dapat mengikuti perkembangan IPTekS dalam dunia komunikasi sesuai dengan tren internasional di masa depan melalui penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Misi

Dalam rangka pencapaian visi tersebut, Program Studi S1 Ilmu Komunikasi mempunyai misi sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pengajaran Ilmu Komunikasi secara efektif dan efisien.
  2. Menghasilkan sumber daya insani yang kompetitif, kreatif, bermoral, dan berkarakter.
  3. Melaksanakan penelitian secara inovatif dan produktif dalam bidang Ilmu Komunikasi.
  4. Memberikan bimbingan, penyuluhan dan pemberdayaan kepada masyarakat dalam bidang Ilmu Komunikasi.
  5. Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak dalam mengembangkan keilmuan, institusi dan sumberdaya.
  6. Meningkatkan kinerja dan kompetensi civitas akademika yang profesional serta memiliki jiwa wirausaha.
  7. Menghasilkan lulusan yang mampu melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
Tujuan

Tujuan pendidikan Program Studi S1 Ilmu Komunikasi adalah menghasilkan lulusan yang berkemampuan berikut :

  1. Memiliki sikap dan etika profesi yang tinggi berdasarkan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan kecintaan terhadap tanah air.
  2. Memiliki Integritas kepribadian yang tinggi, mandiri, berkarakter dan berjiwa kepemimpinan yang beretika profesional.
  3. Memiliki pengetahuan teoritis-konseptual dan ketrampilan analisis di bidang Ilmu Komunikasi, khususnya dalam bidang jurnalistik, komunikasi strategis, dan industri kreatif.
  4. Memiliki kemampuan untuk melakukan analisis bidang komunikasi.
  5. Mengembangkan Ilmu Komunikasi yang berbasis pada perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
  6. Meningkatkan jejaring lokal, nasional, dan internasional serta menumbuhkan semangat wirausaha bagi lulusannya.