NEWS

Progdi Informatika, FTIK USM Mengenalkan Internet Of Thing (IOT) Pada Siswa SMA

Program studi Informatika, Fakultas Teknologi Informasi Dan Komunikasi (FTIK), Universitas Semarang mengadakan pengabdian dengan tema “Peningkatan Pemahaman Siswa SMA Institusi Indonesia Dengan Pengenalan Teknologi Internet Of Things” . Pengabdian ini di moderatori oleh, Joko Suntoro, S.Kom.,M.Kom., Basworo Ardi Pramono, S.T., M.T.,  dan Nur Wakhidah, S.Kom., M.Cs.

Sesuai dengan tema pengabdian kepada masyarakat , konsep pengabdian  menerapkan suatu Teknologi IOT berbasis Raspberry Pi dan Arduino, yang di laksanakan adalah berbentuk seminar dan demonstrasi alat tentang IOT dengan raspberry pi dan arduino. Kegiatan ini di laksanakan di kampus Universitas Semarang dan di tunjang dengan sesi ceramah, demo alat IOT dan tanya jawab. Terdapat modul seminar yang juga di berikan pada setiap peserta (siswa).

Tujuan dari pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini adalah meningkatkan pengetahuan siswa SMA Institut Indonesia yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi, dunia kerja ataupun berwirausaha. Dari pelaksanaan pengabdian masyarakat adalah meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang teknologi IOT dengan menggunakan Raspberry pi dan Arduino,sehingga nantinya ketika mereka terjun ke dalam masyarakat dan memilih jurusan dalam kuliah mereka bisa memiliki pemahaman tentang teknologi IOT . 

Menurut Pemateri sekaligus Dosen Informatika USM, Basworo Ardi Pramono, MT menjelaskan dari hasil survey wawancara yang kami laksanakan dapat di simpulkan bahwa kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dapat mampu memberikan manfaat, tepat sasaran sehingga memberikan suatu wawasan baru pengetahuan baru di bidang teknologi informasi tentang IOT Raspberry Pi dan Arduino yang selama ini belum pernah di ajarkan pada sekolah tersebut.



Rudin Ndeso | 26 June 2018