NEWS

Kreatifitas Mahasiswa USM Sulap Pintu Masuk Ruang Struktural dan Dosen

Masuk ruang dosen ternyata masih menjadi momok tersendiri di mata mahasiswa. Bagi mereka, masuk ruang dosen, apalagi ruang struktural, membutuhkan kesiapan mental yang ekstra. Insight itulah yang dibidik oleh Inunk, ketua kelompok produk permen Zupermen, dalam menampilkan karya iklannya.

Salah satu karya iklan yang disajikan adalah ambient ads, yang menyulap pintu masuk ruang struktural dan dosen menjadi suatu pintu yang bergembok dan hanya mampu dibuka dengan makan permen Zupermen.

Penggunaan media iklan yang tidak biasa, tampaknya menjadi kekuatan kreatifitas mahasiswa S1-Ilmu Komunikasi FTIK Universitas Semarang dalam menampilkan kampanye iklan dari produk yang telah ditentukan.
Mulai dari pintu, lantai, hingga tangga, seolah disulap menjadi media iklan yang menarik karena benar-benar bisa dihubungkan dengan produk-produk yang diiklankan.

Hingga Senin (10/12/2018), lima kelompok mahasiswa mengubah Gedung M FTIK USM menjadi tampil beda, segar, dan tampak hingar bingar.
Membuat suasana pembelajaran akademik yang identik dengan suasana serius, menajdi suasana yang fun dan menarik.

Project kampanye iklan tersebut merupakan tugas akhir mata kuliah Manajemen Produksi Iklan yang diampu dosen Errika Dwi S.W., M.I.Kom.
“Mahasiswa memproduksi rangkaian iklan untuk satu produk, mulai dari iklan Above The Line, Below The Line, hingga Ambient ads.”

“Mereka berkompetisi menghasilkan karya kampanye iklan yang paling menarik.”
“Jadi yang mereka buat, dari packagingnya, iklannya, sampai bagaimana mengaktifkan orang yang melihat untuk tertarik membelinya.”
“ Sebab muara suatu iklan, bagaimanapun adalah mendorong orang untuk mau membeli.” ujar Errika Dwi S.W, M.I.Kom.

Ketertarikan dalam melihat rangkaian karya iklan yang ada inilah yang menarik perhatian Firdaus, salah satu mahasiswa Fakultas Hukum.
Dia menyatakan tertarik masuk ke gedung M FTIK USM karena melihat ada yang berbeda yang dilakukan mahasiswa FTIK saat dia melewati gedung tersebut.
Dia berharap, di program studinya juga bisa dilakukan strategi pembelajaran yang baru, seperti yang dilakukan dosen program studi S1- Ilmu Komunikasi FTIK Universitas Semarang, sehingga proses belajar belajar menjadi lebih fresh dan fun.

Ajang pameran kreatifitas lewat karya iklan memang selalu dilakukan mahasiswa Ilmu Komunikasi USM, sebagai langkah pembuktian karya yang mereka hasilkan bukan sekadar bisa diapresiasi teman satu kelas, tapi juga bisa dilihat orang umum.

Melalui ajang yang dilakukan dari pagi hingga sore hari ini, diharapkan mahasiswa bisa mendapatkan masukan dari para pengunjung untuk pengembangan karya mereka selanjutnya. (*)

Sumber = TribunJateng


Rudin Ndeso | 17 December 2018