NEWS

Magister Psikologi USM Gelar Seminar Passion Prestasi & Profesi

SEMARANG -  Magister Psikologi Universitas Semarang (USM) selengarakan kuliah umum pada hari selasa (28/01) di Gedung V lt 6 Universitas Semarang (USM) dengan tema “Passion Prestasi & Profesi pada siswa menengah atas dan kejuruan

Acara yang mengahdirkan Dekan Fakultas Psikologi Universitas Semarang (USM) Dr. Rini Sugiarti, S.Psi., M.Psi., Psikolog dan Dr. H. Soedjono, M.Si sebagai narasumber ini juga dihadiri dan dibuka lagsung oleh Direktur Pasca Sarjana Universitas Semarang (USM) Dr. Drs. Djoko Santoso, M.Si.

Dalam sambutannya Direktur Pasca Sarjana menyampaikan bahwa peran guru sangat penting dalam psikologi anak bangsa

“ Tugas seorang guru adalah tugas yang sangat mulia karena lewat mereka diharap para anak bangsa bisa menjadi lebih baik. Tetapi tidak hanya itu guru juga memiliki peran penting terhadap psikologi para anak bangsa karena bagaimana cara kita mendidik dapat berpengaruh terhadap prilaku dan psikologi mereka”.

Beliau juga menambahkan jika Psikologi anak perkembangan adalah bentuk acuan dasar bagi para guru dalam menjalankan proses pembelajaran di kelas.

Sementara itu dalam paparannya didepan Puluhan Guru Menengah Atas sederajat Dr. Rini Sugiarti, S.Psi., M.Psi., Psikolog menyampaikan bahwa ada tiga hal utama yang berpengaruh terhadap psikologi para siswa

“Ada tiga poin utama tentang psikologi siswa yang harus diperhatikan oleh para guru yaitu potensi/bakat, passion, prestasi para siswa. Lewat tiga point tersebut para Guru bisa memahami karakter para siswanya” Ujarnya.

Tugas guru adalah tugas yang mulia sekaligus tersulit anda bertugas untuk membentuk massa depan dan siswa adalah tulang punggung bangsa Indonesia tambahnya.

Dalam paparannya Dr. H. Soedjono, M.Si menambahka jika peran guru sebagai pendidik harus dituntut benar-benar memahami mengenai segala bentuk perilaku, baik perilaku siswanya sendiri ataupun perilaku-perilaku orang yang terlibat. Hal ini dimaksud agar para guru mampu menerapkan kewajibannya dan perannya dengan efektif, efisien dan bermanfaat sehingga mencapai tujuan pendidikan di sekolah sebagai tempat mengajar. (DR)


|