Kami Pindahan!

Halo halo.. Kami mau mengabarkan bahwa web FTIK ini baru saja pindah ke server baru. Apabila di postingan sebelumnya kami cerita bahwa website ini diletakkan di server AWS, maka mulai awal bulan ini telah pindah ke server baru di DigitalOcean. Alasan pemindahan karena server DigitalOcean memiliki storage yang sudah bertipe SSD (Solid-State Drive), sehingga memungkinkan pemrosesan data menjadi jauh lebih gegas.

Selain storage yang bertipe SSD, kami melakukan perubahan sistem dengan mengganti Apache dengan Nginx yang memiliki kecepatan proses lebih tinggi daripada Apache, kemudian juga melakukan konfigurasi PHP dengan modul PHP-FPM (FastCGI Process Manager). Memory WordPress juga telah dinaikkan hingga 256 mb sehingga diharapkan dapat lebih gegas melayani user, memory ini masih ditambahkan sewaktu-waktu jika memang dibutuhkan.

Sekedar informasi, web FTIK ini dibangun menggunakan WordPress Multisite dimana didalamnya selain ada web FTIK juga terdapat beberapa website bapak/ibu dosen FTIK. Sehingga secara otomatis, website milik bapak/ibu dosen juga mengalami migrasi tanpa mereka ketahui hihihi… Tidak ada yang perlu dilakukan untuk menyesuaikan migrasi ini, cukup mengakses seperti biasa saja.

Baiklah, terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. Silakan lanjutkan aktivitas browsing Anda, misalnya ada error atau bug, silakan laporkan ke kami.

 

3 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Komen yaa...