Mau Jalan-Jalan? Gunakan Smartphone Biar Seru

Semangat Pagi!

Liburan pastinya suatu momen yang paling ditunggu setelah sebelumnya bekerja keras. Apalagi jika hasilnya memuaskan, pastinya layak jika ditebus dengan menghargai diri sendiri, salah satunya adalah dengan jalan-jalan. Tapi mau jalan-jalan kemana? Naik apa? Nginep dimana? Takut nyasar ah.. Ntar kena macet.. Itu biasanya yang pertama kali terlintas di pikiran ketika akan merancang rencana perjalanan. Tapi hey, ini tahun 2013 udah mau habis lho, kita hidup di jaman modern dengan informasi yang sudah berada di dalam genggaman.

Yak! Gunakan smartphone! Perangkat yang menakjubkan ini jika tidak dimanfaatkan semaksimal mungkin rasanya kok rugi, kecerdasan prosesor dan besarnya memory harus dipaksa untuk melakukan hal-hal yang luar biasa juga. Apa saja? Yuk simak..

Peta

Semenjak GPS dapat digunakan oleh masyarakat umum, kemudian produsen smartphone juga membenamkan fitur ini ke produk mereka, lalu programmer membangun aplikasi yang memanfaatkan fungsi GPS, hasilnya  kita sebagai end user sangat dimanjakan dengan fitur ini. Ingat, fungsi utama GPS buka penunjuk arah yaa.. ayo ingat lagi pelajaran PTI

Saat ini ada 2 (dua) aplikasi yang mumpuni untuk hal peta dan penunjuk arah, gratis, dan mendukung wilayah Indonesia, yaitu Google Maps dan Waze. Walaupun Waze tahun ini sudah dibeli oleh Google, tetapi Waze tetap aplikasi yang berjalan independen sehingga layak jika menginstall keduanya.

Gambar pertama adalah Google Maps dan gambar kedua adalah Waze. Sepertinya Google Maps tidak perlu dibahas terlalu banyak ya? Layanan peta dari Google ini adalah yang terbaik dari semua aplikasi peta yang ada sekarang. Google memang serius menggarap aplikasi ini, bahkan di tahun ini juga Google Indonesia meluncurkan mobil Google Maps yang akan mengambil gambar yang nantinya dimasukkan ke dalam data Google Maps.

Bagaimana dengan Waze? Aplikasi ini adalah aplikasi social media, namun fokus dalam bidang peta dan lalu lintas. Tingkat keakuratan hampir menyamai Google Maps, bedanya semua jalur dan rute dibangun oleh penggunanya. Saat ini Waze sudah bergabung dengan Google sehingga detail peta bisa lebih diandalkan, ditambah dukungan dari sesama “Wazers” yang membuat peta di Waze lebih akurat. Selain itu, Waze dapat diinstall di smartphone selain Android, ini merupakan sebuah “oase” bagi pengguna smartphone selain Android untuk mendapatkan aplikasi peta yang dapat diandalkan.

Berbeda dengan Google Maps yang cenderung pasif, pengguna Waze, atau disebut Wazers dapat berkontribusi disini. Kita dapat melaporkan kondisi jalan raya kepada Wazers lain, sehingga Waze dapat memberikan rute perjalanan yang lebih tepat. Misalnya kita menemui jalan yang macet, maka kita tinggal melaporkan melalui aplikasi Waze. Itu sangat berguna bagi pengguna yang lain, karena otomatis server Waze akan mencarikan rute alternatif.  Tidak hanya jalan macet saja, tapi hal-hal lain seperti adanya Pak Polisi, kecelakaan, hingga jalan ditutup itu bisa dilaporkan juga. Menarik!

Oh iya, selain itu Waze sudah bekerjasama dengan Foursquare. Jadi ini sangat membantu ketika tiba di suatu kota yang belum pernah dikunjungi sebelumnya, kemudian penasaran ingin tau apa yang menarik di kota tersebut maka bisa memanfaatkan fitur pencarian sekaligus menujukkan arah beserta estimasi waktu perjalanannya. Menarik!

Penginapan

Siapa bilang menginap di hotel berbintang itu mahal? Jika kita datang langsung, atau yang sering disebut “go show” maka harganya akan sangat mahal. Tapi jika kita memesannya jauh-jauh hari maka harganya akan lebih murah, trus jika memesannya menggunakan travel agen harganya akan jauh lebih murah lagi. Apakah ada travel agen di dalam genggaman? Ada! Namanya Agoda.

Agoda adalah salah satu layanan pemesanan hotel yang paling populer di dunia. Dengan Agoda kita bisa mencari dan memesan hotel secara langsung melalui smartphone. Harga yang ditawarkan juga jauh lebih murah dibandingkan datang ke hotel atau menelpon ke hotelnya secara langsung. Serasa punya travel agen sendiri khan? Masalahnya memang dalam hal pembayaran, karena Agoda mensyaratkan memiliki kartu kredit atau PayPal untuk pembayarannya, tapi saya rasa hal itu terbayar dengan kemudahan untuk memesan hotel dengan harga yang menarik. Atau mau saya bantu booking? Hahaha…

Nah! simpel khan? itu baru beberapa hal yang bisa dimanfaatkan oleh smartphone. Saya yakin masih banyak kemampuan yang lain yang menanti. Tinggal dieksplorasi, lalu rencanakan perjalanan, packing, dan selamat jalan-jalan 🙂

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Komen yaa...